Astaga, 25-10-00 

 

Kerusuhan Kembali Terjadi di Saparua, Dua Luka-Luka 

Kerusuhan Kembali Terjadi di Saparua, Dua Luka-Luka Ambon - 25 Oct 00 09:35 WIB (Astaga.com) Kerusuhan antarkelompok bernuansa SARA kembali terjadi di Pulau Saparua , Maluku dengan melibatkan warga Desa Sirisori Islam, Ulath dan Ouw, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (24/10) sore, mengakibatkan dua orang mengalami luka-luka. Data yang dihimpun Antara dari sejumlah sumber di Saparua menyebutkan, pertikaian tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 WIT. 

 

Dua korban luka-luka itu akibat terkena serpihan granat dan bom rakitan dan kini tengah menjalani perawatan intensif di RSU Saparua. Kepala RSU Saparua, Dr. Johanes Paranuan, ketika dikonfirmasi belum bisa dihubungi karena sedang bertugas mengoperasi para korban kerusuhan itu. Sementara itu, staf Ahli Bidang Penerangan Posko Darurat Sipil, Drs. John Tomasoa, ketika dikonfirmasi secara terpisah membenarkan terjadinya pertikaian tersebut. "Memang benar pertikaian kembali terjadi .Keadaan di lapangan belum bisa diketahui, karena belum dilaporkan Polsek Saparua, mengingat Kapolseknya sementara berada di Ambon untuk urusan dinas," ujarnya. 

 

Dia juga mengakui, sedang berkoordinasi dengan Komandan Sektor Pengamanan 1/Ambon, Kolonel Inf. A. Siswanto untuk mengirimkan tambahan pasukan guna meredam konflik kemanusiaan itu. Hingga berita ini diturunkan sekitar pukul 21.30 WIT, suhu pertikaian di wilayah itu masih terus memanas, karena terdengar rentetan tembakan senjata standar maupun rakitan, diselingi ledakan mortir, granat serta bom rakitan berhulu ledak sangat besar. Insiden ini pun mengakibatkan, sebagian besar warga terutama orang tua, wanita dan anak-anak yang tinggal berdekatan dengan lokasi kejadian terpaksa mengungsikan diri ke lokasi-lokasi yang diperkirakan aman. (*)